Wednesday, April 24, 2013

Jenis Batu Permata Dan Kegunaannya

Batu permata adalah sebuah mineral, batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan diminati oleh para kolektor. Batu permata harus dipoles sebelum dijadikan perhiasan.
Di dunia ini tidak semua tempat mengandung batu permata. Di Indonesia hanya beberapa tempat yang mengandung batu permata antara lain di provinsi Banten dengan Kalimayanya, di Lampung dengan batu jenis-jenis anggur yang menawan dan jenis cempaka,di Pulau Kalimantan dengan Kecubungnya (amethys) dan Intan (berlian). Batu permata mempunyai nama dari mulai huruf a sampai huruf z yang diklasifikasikan menurut kekerasannya yang dikenal dengan Skala Mohs dari 1 sampai 10. Permata yang paling diminati di dunia adalah yang berkristal yang selain jenis batu mulia seperti Berlian, Zamrud, Ruby dan Safir, batu-batu akik jenis anggur seperti Biru Langit, bungur atau kecubung yang berasal dari Tanjung Bintang, Lampung saat ini banyak di buru oleh para kolektor karena kualitas kristalnya.


Macam-macam batu permata
Batu akik 
adalah berbagai mikrokristalin kuarsa (silika), terutama chalcedony, ditandai dengan kehalusan yang gandum dan kecerahan warna.
Batu akik adalah berbagai mikrokristalin kuarsa (silika), terutama chalcedony, ditandai dengan kehalusan yang gandum dan kecerahan warna. Meskipun agates dapat ditemukan dalam berbagai macam rock, mereka klasik dikaitkan dengan batuan vulkanik tetapi dapat umum di batuan metamorf tertentu.
Agates berwarna-warni dan chalcedonies lainnya diperoleh lebih dari 3.000 tahun yang lalu dari Sungai Achates, yang sekarang disebut Dirillo, di Sisilia.
Batu yang diberi nama oleh Theophrastus, seorang filsuf Yunani dan naturalis, yang menemukan batu sepanjang garis pantai sungai, Achates, kadang-kadang antara abad ke-4 dan 3 BC.
Kebanyakan agates terjadi sebagai nodul batuan vulkanik atau kuno lava basal dimana mereka mewakili rongga yang diproduksi oleh pelepasan volatil dalam massa cair yang kemudian diisi, sebagian atau seluruhnya, oleh siliceous materi yang disimpan di biasa lapisan atas dinding. Seperti agates, ketika memotong melintang, memperlihatkan suksesi paralel baris, sering tenuity ekstrem, memberikan penampilan banded ke bagian. Batu tersebut dikenal sebagai banded batu akik, batu akik riband dan batu akik bergaris-garis. 
Berikut ini beberapa mitos  tentang Manfaat dan Kegunaan  Batu Akik :
1. Manfaat Batu akik sebagai Pengasihan
  • Memancarkan pesona asmara, dan kasih sayang walaupun pemakainya memiliki wajah tidak tampan
  • Memberikan rasa tentram bagi rekan kerja, pacar, istri maupun teman pemakai batu akik mustika ini.
  • Memunculkan aura dimana kita disayangi orang-orang disekeliling kita.
2. Kewibawaan
  • Memberikan dan Memancarkan energi kharismatik, walaupun terlihat menyenangkan tetapi juga dihormati dalam kesehariannya.
  • Menimbulkan rasa percaya diri dihadapan khalayak, pimpinan maupun anak buah dikantor
3. Penaklukkan
  • Dalam berkomunikasi atau negosiasi dapat membuat lawan bicara sangat percaya, kagum, dan tertegun dengan apa yang diucapkan.
  • Bagi orang yang diajak berkomunikasi akan dengan mengikuti saran yang kita sampaikan.
Batu aquamarine (biduri laut)
di Indonesia lebih dikenal dengan nama batu biru laut. Aquamarine yang artinya “air laut” adalah sejenis batu yang tergolong dalam mineral beryl (beryl dalam bahasa Yunani yang artinya biru kehijau-hijauan) sama seperti batu zamrut. Karena batu aquamarine dan batu zamrut sangat berkaitan maka mereka sering dibilang saudara. Warna-warna batu inipun tidak jauh-jauh dari namanya yaitu ada yang biru kehijauan, hijau bening dan biru laut namun batu aquamarine yang paling diminati adalah yang berwarna biru agak kental. Aquamarine dan zamrut sama-sama mempunyai nilai keras 7.5-8 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka berdua menempati di urutan ke lima setelah batu intan, corundum, chrysoberyl dan topaz.
Batu aquamarine juga dapat dibentuk sebagai cabochon supaya menghasilkan efek asterism, efek sinar cahaya yang dihasilkan seperti batu safir bintang atau rubi bintang. Batu aquamarine tidak tahan dalam suhu yang tinggi dan jika dipanaskan dari 800-900 celsius warnanya akan hilang. Jumlah besi dalam struktur aquamarine akan mempengaruhi warna batu. Maka dari itu warna batu ini bervariasi dari biru sampai hijau, warna batu biru laut ini juga dipengaruhi oleh dimana komposisi zat besi itu berkumpul serta tingkat konsentrasinya zat tersebut dalam struktur kristal beryl ini. Warna batu aquamarine dapat dirombak dengan melalui proses heating atau pemanasan. Warnanya yang terlalu jernih dapat diperkental sesuai keinginan para peminat dalam proses tersebut. Batu biru laut juga sangat dikenal sebagai batu yang bebas inklusi.

Batu ini sangat digemari oleh orang-orang Eropa. Kaisar Brasil Dom Pedro dikatakan pernah memiliki batu aquamarine paling bagus dan berkualitas yang pernah ditemukan. Di tahun 1906, putri presiden Amerika Theodore Roosevelt diberikan batu aquamarine sebagai hadiah dan sejak itu batu aquamarine ini dikatakan telah meningkat kepopularitasannya.

Dengan teknologi yang canggih pada zaman ini sekarang orang-orang dapat membuat batu sintetis aquamarine dari bahan yang sama dengan aslinya yaitu beryl namun mereka dapat dibedakan dengan mudah. Aquamarine yang asli terasa dingin jika disentuh sedangkan yang palsu tidak, semua batu aquamarine yang asli akan mengambang jika dimasukkan ke dalam cairan bromoform sedangkan yang palsu akan tenggelam. Hal ini berbeda untuk menguji batu topaz yang disebut asli jika batu topaz tersebut tenggelam di cairan bromoform.

Bagi anda yang ingin membeli batu aquamarine perlu berhati-hati karena batu topaz yang berwarna biru muda sering dijual sebagai batu aquamarine karena mereka sangat mirip. Batu topaz dan batu aquamarine jelas-jelas merupakan dua mineral yang berbeda. Topaz berasal dari kristal arthorhombic sedangkan aquamarine (atau batu beryl) berasal dari keluarga kristal hexagonal. Fisik properti dari kedua batu ini amat serupa namun salah satu perbedaannya terletak pada properti refraksi mereka, topaz memiliki refraksi yang lebih kuat dibandingkan dengan batu biru laut. Komposisi dan kekerasannya juga jelas berbeda. Kadang para penjual yang tidak bertanggung jawab juga sering menggunakan batu zircon biru yang telah melalui proses pemanasan untuk merombak warnanya dan menjualnya sebagai batu aquamarine. Batu-batu serupa lainnya adalah batu spinel biru dan indicolite tourmaline.
Kegunaan atau manfaat
batu aquamarine (biduri laut) dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain mempertinggi rasa kasih sayang dalam suatu keluarga dan memberi kebahagiaan terhadap pekerjaan yang berhubungan dengan laut.

Batu Safir
Safir / Saphirre dengan formula Kimia Al2O3, sistim kristal Heksagonal dan Kadar kekerasan 9 (skala 10) relevan untuk praktisi bidang keilmuan, perdagangan, wirausaha dan eksekutif karena memiliki aura yang dapat mengembangkan daya pikir, menumbuhkan inspirasi, serta optimisme pada harapan baru.

Beberapa Variasi warna safir adalah: Biru, ungu, (Blue Sapphire) kuning, oranye (Yellow Shappire / Yakult Kuning), hitam (Black Sapphire), bening putih (Shappire Burma).

Kesehatan: Mengurangi depresi dan penyakit-penyakit fisik, menurunkan demam, bagus untuk usus, otak dan saraf. meningkatkan kadar potassium, magnesium, calcium dan melepaskan depresi mental.

Aura Batu: mengembangkan daya pikir, membuang pikiran-pikiran yang tidak berguna, menumbuhkan inspirasi, optimisme serta harapan baru.

Memacu keinginan untuk belajar ilmu pengetahuan, meningkatkan kebijaksnaan dan memberikan kejelasan pada ide yang dihasilkan. Menciptakan keseimbangan, stabilitas dan keteraturan, meningkatkan kedamaian bathin serta membawa kebahagiaan. Batu ini dipercaya dapat membantu seseorang yang merasa tidak memiliki kesempatan untuk tujuan/akhir yang lebih baik.

Raja-raja di jaman dahulu mengenakan Sapphire di sebagai pertahanan yang kuat terhadap bahaya, mendekatkan kepada Tuhan dan menjauhkan sifat sirik. Safir membuat banyak orang suka karena adanya mitos batu safir adalah sebagai pembawa kekekalan asmara.

2 comments: